Juli 2011, Bandara Kuala Namu Dioperasikan

hm tambunan
bisnisnews.com – MEDAN

Pemerintah Pusat melalui Departemen Perhubungan (Dephub) Republik Indonesia menargetkan penyelesaian pembangunan dan pengoperasionalan Bandara Udara (Bandara) Kuala Namu pada Juli 2011.

“Hal ini terungkap dalam pertemuan Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara dengan Menteri Perhubungan Republik Indonesia diwakili Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Heri Bakhti,” kata Ketua Komisi D DPRD Sumut, H Ajib Shah kepada wartawan di Medan, usai bertemu dengan Dirjen Perhubungan Udara di Jakarta.

Dikatakan Ajib Shah, kedatangan Komisi D DPRD Sumut ke Dephub pada Rabu 25 November 2009, untuk konsultasi percepatan pembangunan Bandara Kuala Namu yang merupakan bandara dambaan masyarakat Sumatera Utara, karena bandara ini yang pertama kali dikerjakan oleh putra-putra bangsa.

Dalam pertemuan dengan Dirjen Perhubungan Udara Dephub, sebut Ajib, rombongan Komisi D DPRD Sumut terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris dan Anggota Komisi D DPRD Sumut, yakni H Ajib Shah, Tagor P Simangunsong, John Hugo Silalahi dan H Fadly Nurzal, Dtm H Abul Hasan Maturidi, Analisman Zalukhu, Zulkarnain ST, Andi Arba, Yusuf Siregar, Jamaluddin Hasibuan, H Maratua Siregar, Tonnies Sianturi, Imam B Nasution, Hamamisul Bahsan, Mustofawiyah, Tunggul Siagiaan, Jepri Januar Pribadi, Restu Kurniawan Sarumaha serta Biller Pasaribu, Dephub tetap konsen untuk memprioritaskan pembangunan Bandara Kuala Namu.

“Target realisasi kita, pada tahun 2010 pembangunan Bandara Kuala Namu sudah harus 80 persen rampung, sedangkan 20 persennya finishing di 2011, sehingga di bulan Juli 2011 Bandara Kuala Namu sudah dioperasionalkan sesuai dengan program kerja,” katanya meniru ucapan Heri.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp 600 miliar lebih dari anggaran yang diusulkan sebesar Rp 2 triliun untuk pengerjaan pembangunan Bandara Kuala Namu di tahun 2010.

“Untuk pengerjaan proyek pembangunan Bandara Kuala Namu di tahun 2010, kita masih kurang anggaran sebesar Rp 1,4 triliun, sedangkan untuk pengerjaan finishing di tahun 2011 masih dibutuhkan lagi anggaran sebesar Rp 1 triliun,” ucapnya.

Setelah mendengarkan penjelasan dari Dirjen Perhubungan Udara Dephub, Analisman Zalukhu merasa pesimis Bandara Kuala Namu dapat selesai dan bisa dioperasionalkan pada Juli 2011.

Pasalnya, ungkap Analisman, dari anggaran yang diusulkan Dephub sebesar Rp 2 triliun untuk pembiayaan pekerjaan di tahun 2010, yang terealisasi dalam DIPA APBN hanya sebesar Rp 600 miliar lebih.

Dengan demikian, kata Analisman, untuk pencapaian target pekerjaan 80 persen di tahun 2010 sebagaimana program pemerintah pusat dan sisanya 20 persen lagi yang merupakan finishing di 2011, dikhawatirkan tidak akan terealisasi, karena ada kekurangan dana sebesar Rp1,4 triliun, belum lagi usulan anggaran di tahun 2011 sebesar Rp1 triliun untuk pekerjaan finishing 20 persen lagi.

“Jika melihat kondisi di lapangan yang sudah kami tinjau langsung, dengan anggaran sebesar Rp 600 miliar lebih itu, apa yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan pembangunan bandara tersebut,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Komisi D meminta kepada pemerintah pusat melalui Dephub, agar dapat mengalokasikan kekurangan anggaran sebesar Rp 1,4 trilun yang dibutuhkan untuk pengerjaan di tahun 2010.

Sedangkan H Fadly Nurzal menambahkan, kami di Sumut sudah berkoordinasi untuk penyelesaian pembangunan Bandara Kuala Namu ini, tapi tanpa ada dukungan dari pemerintah pusat, tentunya ini sia-sia saja, buktinya anggaran untuk pekerjaan di tahun 2010, belum dapat dipenuhi dan masih ada kekurangan sebesar Rp1,4 triliun. [tbn]

About these ads

1 comment so far

  1. Syaroni on

    Sebaiknya jika indonesia telah memprioritaskan pembangunan infrastruktur seperti ini,moodnya jgn stgh2..dibgn dgn serius dgn modal besar jg tentunya gak usah di irit2 toh bwt publik sendr yg pntg gak d korupsi,kalau irt2 alhasil 1,2 thn kmdian direnovasi lg lg dan lg..maleskan lama dan mahal yg pntg berkualitas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: