Syukuran Pembangunan Jalan Sei Rakyat-Labuhanbilik-Sei Berombang

PENIMBUNAN. Bupati Labuhanbatu HT Milwan sedang melakukan penimbunan perdana jalan Sei Rakyat-Labuhanbilik-Sei Berombang dari titik nol di Desa Sei Rakyat Kecamatan Panai Tengah.

PENIMBUNAN. Bupati Labuhanbatu HT Milwan sedang melakukan penimbunan perdana jalan Sei Rakyat-Labuhanbilik-Sei Berombang dari titik nol di Desa Sei Rakyat Kecamatan Panai Tengah.

nur

bisnis news.com – R PRAPAT

Ribuan masyarakat wilayah pantai merasa bersyukur karena adanya seorang pemimpin seperti Bupati Labuhanbatu HT Milwan yang begitu peduli dengan pembangunan di wilayah pesisir pantai ini, dengan dimulainya perkerasan/pengaspalan jalan dari Sei Rakyat-Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah menuju Sei Berombang Kecamatan Panai Hilir sepanjang 23.775 M dan peningkatan jalan dalam kota Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah sepanjang 2.318 M.

Ungkapan yang tulus itu diucapkan Hasanuddin Zakaria Hasibuan pemuka masyarakat Kecamatan Panai Tengah, Jumat (9/10), dalam acara syukuran dimulainya pembangunan jalan Sei Rakyat-Labuhanbilik-Sei Berombang yang digelar di Lapangan Bolakaki Desa Sei Rakyat.

Pembangunan jalan ini merupakan rahmat bagi masyarakat pesisir pantai. “Kami mengucapkan terimakasih atas perjuangan yang bapak Bupati lakukan untuk kelancaran pembangunan di wilayah pantai, sehingga ke depan diharapkan perekonomian masyarakat di wilayah ini semakin meningkat karena lancarnya arus transportasi, sudah berpuluh-puluh tahun kami menunggu untuk pembangunan jalan di Kecamatan ini, Alhamdulillah, sekarang baru terwujud dan dimulai,” tutur Hasanuddin.

Menyahuti hal itu, Bupati Labuhanbatu, HT Milwan mengatakan, ini adalah hari yang bersejarah bagi saya karena doa masyarakat Panai Tengah dan Panai Hilir telah terkabul, kita harus bersyukur karena pembangunan jalan ini sudah bertahun-tahun dinantikan masyarakat di wilayah Kecamatan pantai.

“Mari kita mengenang kembali bahwa tiga tahun yang lalu, bagaimana sulitnya sarana jalan dari Negerilama menuju Tanjung Sarang Elang, sekarang jalan itu sudah dapat di nikmati oleh masyarakat,” jelas HT Milwan.

Dalam sejarah pembangunan ruas jalan yang istimewa dan paling cepat pengurusannya adalah proyek pembangunan jalan dari Sei Rakyat menuju Sei Berombang, ini semua berkat doa masyarakat karena persetujuannya hanya dalam kurun waktu empat hari.

Dengan tegas Bupati dua periode itu mengatakan, agar kontraktor dapat melaksanakan pembangunan jalan ini dengan benar dan berkwalitas sehingga perputaran ekonomi masyarakat di daerah ini semakin meningkat dan lancar.

“Saya tidak mau jalan ini nantinya baru dibangun sudah hancur, dengan ketebalan tibunan dan perkerasan setinggi 75 cm ini, ditargetkan bisa dilalui kenderaan bertonase 40 ton, kita berharap pembangunan ini akan terus berlanjut, direncanakan tahun depan baru pengaspalan,” kata HT Milwan.

Sementara itu, di lokasi titik nol pembangunan jalan itu Kepala Dinas Binamarga, Pengairan, Pertambangan dan Energi Kabupaten Labuhanbatu Ir Muhammad Safrin MSi menjelaskan, panjang ruas jalan Sei Rakyat-Labuhanbilik-Sei Berombang sepanjang 23.775 M, dengan perincian, Sei Rakyat-Labuhanbilik sepanjang 12.227 M dan Labuhanbilik-Sei Berombang sepanjang 11.548 M.

Untuk penanganan kegiatan tahap I pada TA 2009 ini yang terdiri atas pekerjaan yakni, penimbunan tanah dan perkerasan jalan sepanjang 9.290 M dengan ketinggian 75 cm, ditambah bangunan pelengkap 11 unit diantaranya, Single box culvert 5 buah, Double box culvert 5 buah danTriple box culvert 1 buah, dengan biaya untuk penanganan tahap I ini sebesar Rp 19.950.000.000 berasal dari dana Dana Otonomi Khusus TA 2009.

“Dengan kegiatan untuk tahap awal ini nantinya sudah dapat dilalui oleh kenderaan roda 4 dari Sei Berombang-Labuhanbilik. Sedangkan untuk kelanjutan pekerjaan perkerasan/pengaspalan jalan Sei Rakyat-Labuhanbilik-Sei Berombang sepanjang 23.775 x 4,5 M ini masih dibutuhkan anggaran sebesar Rp.95 Milyar lagi,” jelas Syafrin.

Dijelaskannya, khusus untuk peningkatan jalan dalam kota Labuhanbilik Kecamatan Panai Tengah, yang awalnya lebar 3 M sekarang ditambah menjadi 6 M, dengan dana sebesar Rp 6.997.000.000, adalah merupakan proyek APBN/APBD Labuhanbatu TA 2009, diharapkan kedua proyek tahap awal ini dapat selesai pada pertengahan Desember 2009 mendatang.

Pekerjaan perdana proyek timbunan tanah dan perkerasan jalan sepanjang 9.290 M diawali penimbunannya dengan tanah merah yang diturunkan dari mobil damtruk oleh Bupati Labuhanbatu HT Milwan, sedangkan untuk memulai peningkatan jalan dalam kota Labuhanbilik diakhiri pengecoran perdananya oleh Hj Adlina T Milwan. [tbn]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: