Distan Deli Serdang akan Gelar Pasar Petani dan Tanaman Hias

simon mt
bisnisnews.com – LUBUK PAKAM

Dinas Pertanian (Distan) Deli Serdang akan menggelar pameran pasar petani dan tanaman hias di lokasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Deli Serdang persisinya di depan kantor bupati akan berlangsung 22 s/d 26 Oktober mendatang.

“Pameran itu akan diikuti para petani, penangkar tanaman hias dan stakeholder untuk memperlihatkan beras organic serta berbagai jenis buah-buahan unggulan seperti jambu dan pisang,” kata Ir Maimuddin Nasution, Rabu (21/10), di Lubuk Pakam.

Di Deli Serdang cukup banyak hasil pertanian dan buah unggulan, karenanya melalui pasar petani yang akan digelar ini dapat lebih memperkenalkan hasil pertanian unggulan Deli Serdang.

Selain itu, para petani juga akan melakukan demo kultur tehnis, budidaya tanaman, persilangan pencangkokan buah-buahan serta cara melakukan perawat, di mana yang berbicara adalah petani itu sendiri.

Apalagi, selama ini masyarakat banyak yang kurang mengetahui apa penyebab tanaman tidak bisa menghasilkan buah, padahal pohon tersebut sudah sempat berbunga.

Begitu juga terhadap pencegahan berbagai macam penyakit (hama) yang menyerang tanaman.

Masalah seperti itulah yang membuat warga merasa enggan untuk memanam pohon dilingkungan rumah masing-masing.

Karenanya, melalui pekan pasar petani ini semua itu juga akan disampaikan kepada setiap pengunjung, sehingga lebih menggairahkan masyarakat dan petani untuk melakukan budidaya berbagai produk pertanian di Deli Serdang.

Menurutnya, pasar petani yang baru pertama kali dilakukan oleh pemkab/pemko di Sumatera Utara ini,selain ajang promosi juga untuk memantau berbagaimacam produk unggulan pertanian Deli Serdang yang akan dibawa ke ajang Sumut Exspo 2009 pada 29 Oktober di Jakarta.

Sementara itu, Kepala Disperindag Deli Serdang, Ir H Marapinta Harahap menyatakan dukungannya atas pasar petani yang akan digelar tersebut.

Bahkan, ia berjanji ikut mencari pasar produk pertanian ungulan Deli Serdang tersebut.

“Kalau ada buah unggulan yang memang memerlukan pasar yang lebih luas, kita akan siap untuk menjajakinya, sehingga perekonomian masyarakat petani kita bisa lebih meningkat. Apalagi harga yang kita tawarkan bisa bersaing dengan daerah lainnya,” kata Marapinta. [tbn]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: