Pertamina Siap Layani Haji Flight 2009

Pertamina

hm tambunan
bisnisnews.com – MEDAN

PT Pertamina (Persero) siap melayani penerbangan haji tahun 2009.

Kesiapan ini telah dilakukan dengan menyediakan sarana dan fasilitas dalam kondisi yang baik berupa re-fueler, bridger dan ketersediaan avtur.

Selain itu juga tenaga operator yang berpengalaman dan bersertifikasi juga sudah siap untuk melayani kebutuhan penerbangan haji.

Pelaksanaan Haji Flight Phase I (pemberangkatan) direncanakan pada tanggal 23 Oktober-18 November 2009, sedangkan Phase II (pemulangan) pada 3-28 Desember 2009.

Diperkirakan kenaikan kebutuhan avtur di bandara yang menjadi embarkasi haji berkisar 100%-200%.

“Besarnya peningkatan ini sesuai dengan penambahan jumlah penerbangan untuk melayani penerbangan haji, baik yang menjadi titik pemberangkatan maupun titik transit,” kata Manager Aviasi Region I, Agus Maulana.

Agus Maulana mencontohkan, peningkatan penjualan avtur di DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) Polonia pada saat musim haji 2009 ini.

Diperkirakan peningkatan akan mencapai 100% dari rata-rata penjualan normal sebesar 300 kiloliter (KL)/hari menjadi 600 KL/hari.

“Pada musim haji ini, DPPU Polonia melayani tambahan penerbangan pesawat haji embarkasi Medan sebanyak 1 pesawat/hari dengan kebutuhan 120 KL, dan pesawat haji tansit dari Solo sebanyak 2 pesawat/hari dengan kebutuhan 180 KL,” jelasnya.

Posisi stock Avtur di Medan hari ini (21/10) dalam kondisi aman. Di DPPU Polonia terdapat 1.292 KL, sedangkan di Instalasi Medan Group terdapat 1.107 KL.

Direncanakan pada tanggal 22 Oktober akan masuk MT Balongan membawa 10.140 KL avtur.

Untuk menunjang kelancaran penerbangan haji (haji flight) 1430 H, Pertamina Aviasi Region I menyediakan pelayanan penjualan avtur di 5 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di Sumatera.

Kelima DPPU tersebut berada di bandara Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Polonia (Medan), Minangkabau International Airport (Padang), Hang Nadim (Batam), dan Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang).

Setiap produk yang dijual Pertamina telah memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh Pemerintah melalui Dirjen Migas.

Sebagai jaminan untuk memastikan kualitas bahan bakar, maka selalu dijaga mulai dari proses penerimaan, penimbunan, dan penyaluran.

Dalam menjamin kualitas BBM, Pertamina didukung sarana dan fasilitas seperti laboratorium.

Pemeriksaan kualitas dilakukan di laboratorium (dengan standard ISO 17025) yang ada di Instalasi Pertamina, sehingga selalu up to date setiap hari.

Penjualan avtur dengan jaminan ketersediaan ini diharapkan mampu memenuhi peningkatan kebutuhan di kelima bandara tersebut.

Pertamina berkomitmen untuk terus hadir melayani kebutuhan BBM dalam negeri dengan meningkatkan pelayanan serta kehandalan sarana dan fasilitas infrastruktur yang ada demi kelangsungan usaha dan peningkatan ekonomi nasional. [tbn]

2 comments so far

  1. Agus Suhanto on

    hai, senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, tulisan yg bagus🙂 … salam kenal yaa

    • bisnisnews on

      sebelumnya terimakasih… namun demikian saya membutuh sebuah kritikan saudara Agus Suhanto, agar saya dapat memberikan informasi terbaik bagi pembaca. Jangan lupa ya berikan komen dan masukannya….Thanks – salam kenal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: