Pola Hidup Bersih, Hindari Wabah Penyakit

simon mt
bisnisnews.com – LUBUK PAKAM

Pola hidup bersih dan sehat harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan secara terus menerus, karena merupakan salah satu bagian dari upaya mewujudkan masyarakat sehat dan terhindar dari berbagai wabah penyakit.

Virus flu burung dan flu babi serta beberapa jenis penyakit menular lainnya, merupakan salah satu ancaman di Indonesia bahkan seluruh dunia, karena virus itu menyebar sangat cepat dan dapat merenggut jiwa manusia.

“Menyadari hal itu kita harus senantiasa waspada dan tanggap terhadap situasi sekitar, karena wabah penyakit tersebut dapat menyebar dimana saja dan menyerang semua usia,” kata Bupati Deli Serdang, Drs H Amri Tambunan melalui Plt Kadis Infokom Maiber Sitompul SE pada pembukaan Forum Tatap Muka Dinas Infokom Deli Serdang bekerjasama dengan Badan Informasi Publik Depkominfo RI, kemarin, terkait upaya pencegahan/pemberantasan flu burung/flu babi serta penyakit menular lainnya.

Pencegahan dan pemberantasannya harus melibatkan semua pihak, diperlukan satu gerakan bersama agar mata rantai penyebaran virus penyakit ini dapat diputus dan tidak menyebar atau mewabah dengan menggerakkan budaya gotong royong guna menciptakan kondisi lingkungan yang bersih.

Kabid pencegahan dan pemberantasan penyakit Dinas Kesehatan Deli Serdang Drg Ridha Sondang Hutajulu, selaku Narasumber menjelaskan situasi flu burung dan flu babi di Kabupaten Deli Serdang, khusus flu burung pada tahun 2005 sebanyak 2 orang, 2006 11 orang, 2007 10 orang dan tahun 2008 sebanyak 2 orang , sedangkan untuk flu babi terjadi pada bulan agustus 2009 di ponpes Darul Arafah Kec Kutalimbaru yang menyerang 548 santri dan diambil sample sebanyak 10 orang dan ternyata positif H1N1 adalah 7 orang dari hasil konfirmasi laboratotrium balitbang kes pusat.

Sementara Kasi Yanmed Rawat khusus RSUP H Adam Malik Dr Rizky Ranovenda Harahap sebagai nara sumber yang menjelaskan tentang kebijakan dan upaya pelayanan penanganan pasien Flu burung/flu babi dan penyakit menular lainnya.

RSUP H Adam Malik salah satu RS yang menerima rujukan, khusus penanganan terhadap pasien terkena flu burung dan flu babi dan tidak akan dikutip bayaran.

Kabid Penyaringan Data dan Informasi Infokom Deli serdang, Drs Ronal Manurung selaku Panitia Pelaksana menjelaskan, kegiatan yang berlangsung satu hari itu diikuti 50 orang peserta dari lapisan masyarakat, PNS yang berada di 22 Kecamatan yang menangani bidang Informasi dan Komunikasi, dengan menghadirkan 3 orang narasumber termasuk Kadis/pejabat Dinas Kesehatan Sumatera Utara. [tbn]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: