12 Daerah di Sumut Rawan Trafficking

hm tambunan
bisnisnews.com – MEDAN

Sebanyak 12 daerah di Sumatera Utara ditengarai sangat rawan menjadi sumber korban perdagangan manusia atau trafficking.

Banyak korban yang berasal dari daerah ini yang dikirimkan ke berbagai tempat, hingga keluar negeri.

Kepala Biro Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Sumut, Emmy Suryana Lubis menyatakan, ke 10 daerah tersebut, masing-masing Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Binjai, Pematang Siiantar, Asahan, Batubara, Tanjung Balai, Langkat, Tebing Tinggi dan Labuhan Batu.
“Rentannya terjadi kasus trafficking di daerah-daerah tersebut terutama karena masalah kemiskinan, pendidikan yang rendah sehingga tak mampu bersaing di pasar tenaga kerja,” ujar Emmy yang berbicara dalam Seminar dan Lokakarya Sosialisasi Panduan Perlindungan Hak-hak dan Manfaat Anak yang Diperdagangkan di Hotel Madani, Medan, Rabu (28/10).

Faktor penyebab lainnya, sikap permisif keluarga dan masyarakat atau kurangnya rasa kepedulian dalam memahami trafficking.

Selain itu, ada juga sebagian korban umumnya berkeinginan hidup layak tetapi kemampuan minim dan kurang mengetahui informasi.

Posisi Sumut, kata Emmy, selain menjadi daerah sumber korban, juga menjadi daerah transit dan penerima. Itu sebabnya semua pihak diminta untuk mewaspadai potensi terjadinya kasus trafficking yang pada tahun 2008 lalu tercatat ada 78 kasus.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Eksekutif Yayasan KKSP (Pusat Pendidikan dan Informasi Hak Anak) Muhammad Jailani menyatakan, kasus-kasus trafficking yang cenderung meningkat sangat memprihatinkan, namun pada sisi lain perlakuan terhadap korban juga harus mendapatkan perhatian.

“Perlakuan terhadap para korban harus memperhitungkan aspek trauma, kemudian usia mereka dan masa depan mereka. Sehingga, penanganan terhadap korban harus mempertimbangkan semua aspek yang mengedepankan hak-hak mereka,” ujar Jailani. [hmt]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: