Pemkab Sergai Latih 200 Calon Wirausaha Mandiri

cal

CALON WIRAUSAHA MANDIRI. Bupati Sergai, HT Erry Nuradi didampingi Rektor UMA, Prof Ya'kub Matondang, Wabup Sergai H Soekirman dan Sekdakab Sergai Drs H Haris Fadillah MSi menyematkan tanda peserta pelatihan keterampilan kepada calon wirausaha mandiri Sergai yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.

iwan sp/hm tambunan
bisnisnews.com – SEI TAMPAH

Dalam upaya pengentasan kemiskinan dan mengurangi pengangguran melalui pembukaan lapangan pekerjaan baru, Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) laksanakan pelatihan keterampilan bagi 200 calon wirausaha mandiri Sergai.

Pelatihan keterampilan itu dilaksanakan mulai Senin tanggal 9 November 2009 di 9 kecamatan dan secara resmi telah dibuka oleh Bupati Sergai, HT Erry Nuradi yang dirangkai pula dengan penandatanganan MoU antara Pemkab Sergai dengan Universitas Medan Area (UMA) yang dilaksanakan di aula Sultan Serdang kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, kemarin.

Hadir juga dalam pembukaan pelatihan keterampilan dan penandatanganan MoU itu adalah Rektor UMA Prof Dr HA Ya’kub Matondang MA, Wabup Sergai H Soekirman, Sekdakab Sergai Drs H Haris Fadillah MSi, Wakil Rektor UMA bidang Kemahasiswaan Zulheri, para Asisten, Kadis Tenaga Kerja Sergai Karno SH MAP, beberapa Kepala SKPD, Sekretaris KNPI Syafrizul Herlach dan 200-an calon wirasaha mandiri Sergai.

Pelatihan yang diberikan kepada para calon wirausaha Sergai itu meliputi delapan keterampilan yakni menjahit, membordir/menyulam, tatarias salon, prosesing pembuatan kripik, montir sepeda motor, las listrik, pembuatan sabun krim dan keterampilan aneka kejuruan serta sablon.

Sedangkan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani antara Bupati Sergai, HT Erry Nuradi dengan Rektor UMA yakni kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pertanian, pengabdian masyarakat, pelatihan berbagai kejuruan, bursa keja, pameran serta aspek-aspek lain yang berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, masyarakat dan lingkungan Kabupaten Sergai.

Implementasi atas kerjasama yang disepakati antara Pemkab Sergai dan UMA akan ditindaklanjuti dengan berbagai program dan kegiatan yang disusun secara bersama dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di lingkungan Pemkab Sergai.

Bupati Sergai mengatakan, masalah ketenagakerjaan merupakan salahsatu masalah yang dialami setiap daerah.
Tingginya angkatan kerja serta rendahnya kompetensi pencari kerja dan terbatasnya lapangan pekerjan dapat menimbulkan kesenjangan.

Untuk mengatasi masalah itu, kata Erry Nuradi, perlu diidentifikasi secara konkrit menyangkut mengapa, siapa dan bagaimana cara penanggulanganannya.

Upaya-upaya penanggulanganan tersebut tentu berawal dari pendidikan, keterampilan dan motivasi diri pencari kerja sehingga dapat mengadaptasi terhadap kondisi dan situasi yang ada.
Diantara upaya yang dilakukan oleh Pemkab Sergai dalam mengurangi pengangguran melalui pembukaan lapangan kerja baru, yaitu anggota masyarakat diberikan pelatihan berbagai keterampilan.

Melalui keterampilan yang diperoleh diharapkan muncul calon-calon wirausaha mandiri di daerah ini sekaligus terbukanya lapangan kerja baru.

“Dengan lahirnya wirausaha-wirausaha mandiri baru tersebut dan terbukanya lapangan kerja, maka angka pengangguran dapat dikurangi sekaligus program pengentasan juga dapat terlaksana,” tegas Bupati.

Sementara itu, Rektor UMA Prof Ya’kub Matondang mengatakan, Kabupaten Sergai sebagai salahsatu daerah otonom baru di Indonesia perkembangannya di bawah kepemimpinan Erry Nuradi dan jajarannya cukup pesat serta sumber daya alamnya cukup potensial untuk dikembangkan.

Dalam upaya menggali dan mengembangkan potensi sumber daya alam daerah Sergai maka harus dibarengi dengan keterampilan masyarakat untuk mengolahnya, sehingga potensi itu dapat diberdayakan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Melihat kondisi yang demikian, maka pihak Universitas Medan Area merasa terpanggil untuk turut serta menyumbangkan pikiran membangun Kabupaten Sergai melalui berbagai bidang keterampilan maupun pengabdian di tengah-tengah masyarakat.

Sebelumnya, Kadis Naker Sergai Karno SH MAP menjelaskan, ke 200 calon wirausaha mandiri yang mendapat kesempatan awal mengikuti pelatihan keterampilan itu akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman di bidang masing-masing dari Balai LLK Lubuk Pakam. Lokasi pelatihan keterampilan menjahit sebanyak 20 orang, menurut Karno SH, dilaksanakan di Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah, keterampilan bordir/sulaman 20 orang di Kecamatan Teluk Mengkudu, tatarias salon 16 orang di Kecamatan Bintang Bayu, prosesing pembuatan kripik 16 orang di Kecamatan Pantai Cermin.

Sedangkan keterampilan las listrik di Kecamatan Perbaungan, montir sepeda motor di Kecamatan Dolok Masihul, pembuatan sabun krim untuk tiga angkatan 48 orang di Kecamatan Bandar Khalipah, Kecamatan Sei Bamban, Kecamatan Serba Jadi, dan keterampilan aneka kejuruan/sablon sebanyak tiga angkatan dilaksanakan di Kecamatan Sei Rampah dan Kecamatan Perbaungan.

Program pelatihan, menurut Karno, dituangkan dalam kurikulum dan silabus meliputi teori 20%, praktek 80%. [tbn]

1 comment so far

  1. Wirausaha Mandiri on

    Membangun jiwa wirausaha mandiri, merupakan modal awal untuk sukses.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: