13 November, Mandala Buka 3 Rute Penerbangan Dalam Negeri

hm tambunan
bisnisnews.com – MEDAN

Mandala Airlines akan membuka rute penerbangan baru di dalam negeri, yakni Semarang-Banjarmasin, Banjarmasin-Balikpapan dan Semarang-Balikpapan via Banjarmasin dan sebaliknya dengan penerbangan perdana yang akan dilakukan pada tanggal 13 November mendatang.

Pembukaan rute baru ini dilakukan mengingat adanya permintaan yang cukup tinggi dari masyarakat untuk melakukan perjalanan bisnis, wisata ataupun personal di ke tiga kota tersebut.

Saat ini, masyarakat Semarang atau Jawa Tengah pada umumnya yang ingin berpergian ke Banjarmasin, Balikpapan atau Tarakan harus melakukan perjalanan ke Surabaya terlebih dahulu dengan jalan darat, seperti menggunakan mobil atau kereta api.

Selain itu, dapat juga menggunakan transportasi udara untuk kemudian melanjutkan penerbangan dari Surabaya menuju Banjarmasin.

Head of Corporate Communication Mandala Airlines, Trisia Megawati KD mengatakan, masyarakat Jawa Tengah atau Semarang pada khususnya biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama untuk melakukan perjalanan menuju Banjarmasin.

”Dengan menggunakan jalan darat dari Semarang menuju ke Surabaya akan memakan waktu 5 sampai 6 jam kemudian dilanjutkan dengan pesawat menuju Banjarmasin,” katanya.

Dengan adanya penerbangan langsung (direct flight) dari Semarang menuju Banjarmasin, lanjutnya, maka masyarakat di wilayah pantai utara Jawa Tengah dapat menghemat waktu perjalanan hingga lebih dari 5 jam.

”Dari Banjarmasin, penumpang dapat melanjutkan perjalanan menuju Balikpapan dan Tarakan. Alternatif penerbangan ini akan sangat membantu mempercepat perkembangan bisnis antara Jawa Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur khususnya antara Semarang, Banjarmasin, Balikpapan dan sekitarnya,” ujar Trisia.

”Dengan pembukaan rute baru ini, Mandala akan melayani 56 penerbangan per minggu incoming dan outgoing flight dari Semarang menuju kota Jakarta, Banjarmasin dan Balikpapan yang akan connect dengan Tarakan dan Pekanbaru,” papar Trisia.

Untuk Semarang sendiri, Mandala telah melayani kota ini dengan Airbus A320 dan Airbus A319 sejak Januari 2009.

Dengan penggunaan pesawat modern dan baru ini, pertumbuhan jumlah penumpang Mandala di Semarang terus meningkat secara dratis.

Mandala ingin memperkuat jaringan penerbangannya di kota Semarang mengingat pergerakan bisnis dan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat di kota ini.

”Kami menargetkan rute baru ini memiliki rata-rata tingkat isian penumpang akan mencapai minimal 80% sampai 85% hingga akhir tahun 2009. Dengan adanya high season di bulan Desember maka kami berharap target ini akan tercapai atau bahkan bisa tembus di angka rata-rata 90% ,” beber Trisia.

Selain rute Semarang ke Banjarmasin, Mandala juga mendapat banyak permintaan dari masyarakat untuk membuka rute Banjarmasin ke Balikpapan dan sebaliknya.

Permintaan ini dikarenakan jarak tempuh yang sangat lama bila menggunakan jalan darat.

Dengan menggunakan transportasi udara, waktu tempuh Banjarmasin ke Balikpapan hanya 45 menit.

”Kebutuhan perjalanan udara dari Banjarmasin ke Balikpapan sangat tinggi sehingga dibutuhkan tambahan moda transportasi udara yang dapat diandalkan. Hal ini tentu saja memberikan pilihan bagi masyarakat untuk memilih maskapai penerbangan yang sesuai. Kami berharap, pembukaan rute ini akan memberi kemudahan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan bisnis. Tentunya manfaat ini dapat dirasakan pula oleh klien korporasi Mandala, seperti Pama Persada dan Total E&P Indonesie yang beroperasi di Balikpapan,” ujarnya.

Trisia menambahkan, pembukaan rute ini akan meningkatkan jumlah penerbangan Mandala per minggu menjadi 56 penerbangan incoming & outgoing flight dari Banjarmasin menuju Jogyakarta, Surabaya, Balikpapan dan Semarang.

”Untuk kota Balikpapan, saat ini Mandala melayani 98 penerbangan incoming & outgoing flight per minggu dari Balikpapan menuju kota-kota seperti Semarang, Banjarmasin, Jakarta, Surabaya dan Tarakan,” imbuh Trisia. [tbn]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: