Potensi Perikanan dan Kelautan di Sergai Dikembangkan

iwan sp/hm tambunan
bisnisnews.com – PERBAUNGAN

Potensi perikanan dan kelautan yang terdapat di berbagai wilayah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan terus dikembangkan pada masa-masa mendatang dalam upaya menjadikan Sergai sebagai salahsatu daerah produsen ikan terbesar khususnya ikan air tawar dan ikan air payau (hasil tambak).

“Besarnya potensi perikanan baik perikanan tangkap, perikanan budidaya, perairan umum dan pembangunan wilayah pesisir di Kabupaten Sergai merupakan modal besar bagi nelayan dan pembudidaya ikan di daerah ini untuk mengembangkan sektor perikanan sebagai salahsatu sumber pendapatan bagi masyarakat Sergai,” kata Bupati Sergai, HT Erry Nuradi di hadapan ratusan anggota kelompok pembudidaya ikan air tawar pada acara penyerahan 455.000 ekor benih ikan dan temu ramah yang dilaksanakan di areal Balai Benih Ikan (BBI) Pemkab Sergai di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan, kemarin.

Dikemukakannya, potensi perikanan budidaya air tawar yang terdapat di Kabupaten Sergai saat ini lebih 20.000 hektar meliputi kolam air tenang 6.908 hektar, keramba 425 unit, kolam air deras, budidaya ikan di sawah 12.350 hektar, kolam pekarangan/kolam pancing 744 hektar, pembenihan 75 hektar, sedangkan potensi budidaya air payau atau tambak mencapai 400 hektar.

“Luasnya areal budidaya perikanan tersebut ditambah panjangnya perairan pantai timur Sumatera yang terdapat di Sergai, apabila dikelola dan dimanfaatkan secara baik oleh para nelayan maupun pembudidaya ikan maka hasilnya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah ini sekaligus juga dapat mengurangi angka kemiskinan,” papar Erry Nuradi didampingi Wabup Sergai, H Seokirman.

Untuk mendukung pemanfaatan potensi perikanan tersebut, kata Erry Nuradi, Pemkab Sergai melalui Dinas Perikanan dan Kelautan setiap tahunnya telah dan akan terus melanjutkan pemberian bantuan stimulan kepada nelayan maupun pembudidaya ikan di daerah ini.

Diungkapkannya, sejak tahun 2005 hingga 2009 perhatian Pemkab Sergai untuk pembangunan sektor perikanan dan kelautan menjadi salahsatu prioritas utama, dibuktikan saat ini Pemkab Sergai telah memiliki Balai Benih Ikan (BBI) yang cukup besar dan bahkan termasuk yang terbaik di Sumatera Utara.

Selain itu, pada tahun 2010 akan dioperasikan satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Budidaya Air Payau di kawasan Pantai Klang Kecamatan Perbaungan.

“UPT ini diharapkan dapat menjadi tempat pelatihan bagi petani pembudidaya ikan air payau dengan komoditi ikan kerapu, udang, kakap, rumput laut, kepiting dan lainnya,” ujar Erry Nuradi.

Benih ikan yang diserahkan itu meliputi 340 ribu ekor ikan gurame, 115 ribu ikan kerapu dan dialokasikan kepada 7 kelompok pembudidaya ikan, masing-masing kelompok Kerapu Jaya Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin dengan komiditi ikan kerapu, kelompok Mekar Jaya Desa Pantai Cermin Kiri (ikan kerapu), kelompok Kakap Jaya Desa Pantai Cermin Kiri (ikan kerapu), kelompok Timbul Jaya Desa Kota Pari Pantai Cermin (ikan kerapu), kelompok Juvenil Jaya Desa Pematang Guntung Teluk Mengkudu (ikan kerapu), kelompok Gurame Jaya Kelurahan Tualang Perbaungan (ikan gurame), dan kepada kelompok Maju Jaya Desa Kota Galuh Perbaungan (ikan gurame). [tbn]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: