Program MinaPolitan 2010 di Taput Hanya Angan-angan

freedy ht/hm tambunan
bisnisnews.com – TAPUT

Pemerintah Tapanuli Utara dengan semangatnya membuat program menciptakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Taput terutama dari sector peternakan dan perikanan.

Ternyata niat dan tekat tersebut hanya “angan-angan” saja, sebab apabila ada niat tersebut dengan secara otomatisnya dinas tersebut akan memperbaharui dan akan bertekat mengembangkan pembenihan ikan untuk menuju Taput 2010 Kota Ikan (MinaPolitan), seperti yang diprogramkan Dinas Peternakan dan Perikanan Taput.

“Tidak ada gunanya pemerintah mengusulkan anggaran kalau hasil tidak ada. Terbukti, kita tidak tahu jumlah benih ikan di Tapanuli Utara saat ini dan berapa Penghasilan Asli Daerah (PAD) dari benih ikan. Padahal, biaya operasional untuk pakan ikan sangat besar ditampung dalam APBD tahun 2009,” kata salah seorang masyarakat Muara P Siregar di Tarutung.

Menurutnya, dana yang dialokasikan untuk pakan ikan pada tahun 2009 cukup tinggi bila dibandingkan dengan pada tahun 2008.

Namun, seyogiayanya dalam pengembangan sektor perikanan dibanding pada tahun 2009 ini, bagaimanapun tidak akan bisa terwujud.

“Kendati anggaran program tersebut ditampung dengan nilai yang besar dalam APBD maupun bantuan dari pusat, namun demikian tidak akan menyukseskan program MinaPolitan, karena saya pikir masih ada budaya ‘mengisi kantongnya’ sendiri alias diduga telah di-mark up,” ucapnya.

Pihaknya sangat heran melihat fisik di lapangan, apakah memang tidak ada dianggarkan untuk pakan ternak ikan tersebut dalam anggaran APBD tahun 2009 ini.

“Pada tahun lalu kita masih mengetahui dan melihat begitu banyaknya bantuan benih ikan yang diberikan Bupati Torang Lumbantobing kepada masyarakat sebagai dorongan menciptakan kesejateraan bagi masyarakat dan menekan kepunahan ternak ikan di Bona Pasogit ini,” kata Siregar.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Tapanuli Utara, Ir Toni Simangunsong saat dihubungi Mandiri via telepon seputar anggaran dana pakan ternak ikan yang ditampung di APBD tahun 2009, tidak bersedia menjawab. [tbn]

1 comment so far

  1. johan on

    angan-anganlah yang membuat kita bisa berinovasi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: