Akhir Tahun, Mandala Targetkan Raih 80% Penumpang

hm tambunan
bisnisnews.com – MEDAN

Mandala memiliki load factor yang bagus di wilayah Sumatera dengan melayani Medan – Padang, Padang – Batam, Batam – Pekanbaru dan sebaliknya.

Untuk melanjutkan kesuksesan di rute-rute yang dilayani saat ini di wilayah pulau Sumatra, Mandala akan membuka rute baru tujuan Pekanbaru – Medan – Pekanbaru.

”Kami optimis rute baru ini akan direspon positif oleh masyarakat, sehingga dapat menjadikan Mandala sebagai maskapai penerbangan utama di rute penerbangan ini. Mandala akan melayani masyarakat di kedua kota tersebut dengan Airbus A320 (kapasitas 180 penumpang) dan Airbus A319 (kapasitas 144 penumpang). Dengan diferensiasi pesawat yang berbeda dari maskapai lain yang telah melayani rute ini sebelumnya, maka Mandala akan menjadi maskapai pertama yang menerbangkan Airbus yang modern dan baru,” imbuh Trisia dalam siaran pressnya yang diterima di Medan, Sabtu (28/11).

Trisia menambahkan, sebelumnya Mandala juga membuka rute Semarang-Banjarmasin, Banjarmasin-Balikpapan, Semarang-Balikpapan via Banjarmasin dan sebaliknya pada 13 November yang lalu dan sampai saat ini telah direspon positif oleh masyarakat yang ditandai dengan terus meningkatnya tingkat isian penumpang.

”Kami menargetkan rute baru ini memiliki rata-rata tingkat isian penumpang 80% hingga akhir tahun 2009. Dengan adanya high season di bulan Desember maka kami berharap target ini akan tercapai atau bahkan bisa tembus di angka rata-rata 87%,” ujar Trisia.

Terkait periode peak season yang akan terjadi di akhir Desember hingga awal Januari nanti, Trisia menyampaikan bahwa saat ini pembukuan reservasi Mandala masih terus berlangsung dan sudah berada di kisaran angka 75%.

”Kami akan terus berinovasi dalam memberikan konektifitas rute penerbangan yang baik dan tidak hanya berfokus pada rute-rute tradisional saja,” jelasnya.

Lebih lanjut, Trisia menambahkan, dengan perilaku penumpang di Indonesia yang memiliki kecenderungan melakukan reservasi dua sampai satu minggu menjelang keberangkatan, kami memperkirakan load factor akan berada di angka rata-rata 92%.

”Tahun lalu, kami mencapai rata-rata load factor 90%. Masih ada waktu sekitar satu bulan untuk mendongkrak load factor Mandala hingga tembus di angka lebih dari 90%,” ujarnya. [tbn]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: