Susu Kedelai, Sehat dan Menguntungkan

hm tambunan
bisnisnews.com – MEDAN

Kacang kedelai merupakan bahan baku pembuat makanan tahu. Selain itu, kacang kedelai dapat digunakan sebagai minuman yang berkomposisi menyehatkan bagi manusia, karena mengandung protein, kalsium, serat pangan, vitamin B1, B3 dan B12.

Minuman kacang kedelai kerap disebut susu kedelai, karena mirip dengan susu berwarna putih.

“Manfaat susu kedelai cukup banyak. Mengkonumsi susu kedelai bagus untuk kesehatan. Selain itu, usaha susu kedelai cukup menguntungkan untuk dikembangkan,” kata pengusaha susu kedelai Alkanzu Soya, M Amin Siregar SE yang dikenal dengan panggilan Ahmad, Sabtu (28/11), di Medan.

Mengkonsumsi susu kedelai secara rutin dapat tercegah dari penyakit diabetes/kencing manis, menghambat kolesterol jahat, mencegah perih di lambung/maag.

“Susu kedelai dapat juga dikonsumsi bagi anak penderita autisme dan mencegah hipertensi dan migraine, menghambat penuaan dini/amti aging, menghaluskan kulit, melancarkan pencernaan, mencegah gangguan seksual,” kata Siregar seraya menambahkan, susu kedelai juga cocok diminum bagi bayi lactose inteoleran, bagi ibu hamil dan menyusui serta juga bagus bagi penderita susah tidur maupun dapat menggempur semua kanker ganas.

Menurutnya, pembuatan minuman susu kedelai cukup praktis dan terjangkau. “Komposisi pembuatan susu kedelai, yakni kacang kedelai, air, gula dan garam, sehingga halal untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Siregar yang belum lama menggeluti usaha susu kedelai di Medan.

Karena pembuatan susu kedelai begitu mudah, maka Siregar menjualnya ke pasaran di Medan dengan harga yang terjangkau, yakni per cup-nya dibandrol sebesar Rp 2.000 (200ml).

Market susu kedelai di Medan sangat terbuka, karena masyarakat mulai menyukai mengkonsumsi minuman menyehatkan tersebut.

“Produksi susu kedelai sehari-hari membutuhkan 7,5 kilogram kacang kedelai, yang dapat menghasilkan 8 termos berukuran jumbo,” ucapnya.

Susu kedelai yang dihasilkan Alkanzu Soya dijamin halal dan bebas dari bahan pengawet dan pemanis buatan.

“Untuk membedakan susu kedelai yang bebas dari pengawet dengan yang memakai berpengawet, sangat mudah. Susu kedelai yang pakai pengawet daya tahan cukup lama hingga berminggu-minggu dan rasa berbeda dengan susu kedelai yang bebas bahan pengawet, karena hanya dapat bertahan selama 3 hari dan rasanya segar,” katanya.

Dalam mengembangkan pemasaran susu kedelai, Siregar yang sehari-hari menggunakan beca bermotor, menerima layanan siap antar ke rumah konsumen.

“Saya juga melayani pemesanan SMS ke nomor 061-77549167, dengan mencantumkan nama dan alamat lengkap,” katanya. [tbn]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: