Budaya Batak Perlu Direvitalisasi

t nikson/hm tambunan
bisnisnews.com – SAMOSIR

Bupati Samosir, Mangindar Simbolon secara resmi membuka Seminar dan Lokakarya terdiri dari tokoh masyarakat, Raja Bius dan tokoh agama di Hotel Toba Beach Tomok Kecamatan Simanindo, Selasa (1/12).

Hadir pada acara tersebut pembicara Uskup Agung Medan Mgr AB Sinaga dan beberapa pakar Budaya dari Universitas Negeri Medan.

Dalam seminar dan lokakarya ini diharapkan ada diskusi yang komunikatif antara narasumber dengan Raja Bius dan utusan kenegerian yang ada di Kabupaten Samosir, sehingga masukan ini dapat dikaji secara ilmiah sesuai dengan nilai-nilai filosofi asli budaya Batak.

“Hasil Seminar ini diharapkan dapat menjadi acuan paradaton dan menghasilkan rekomendasi sesuai dengan salah satu misi Kabupaten Samosir di bidang budaya, yaitu menggali dan merevitalisasi budaya Batak dapat diterima masyarakat dan agama mengingat Samosir adalah asal muasal Bango Batak,” katanya.

Selanjutnya, Bupati Samosir menyarankan akan dibahas terus sehingga nantinya akan menjadi tatanan budaya Adat Batak yang merupakan hukum tertulis dan dilaksanakan masyaraka Samosir.

Uskup Agung Medan Mgr AB Sinaga yang juga ahli batalogi menyampaikan, Kabupaten Samosir sebagai pariwisata lebih cocok soft tourism, yaitu pemanfaatan adat, asset termasuk Dalihan Na Tolu, menjadi entertaimentnya bukan hard tourism.

Namun, Uskup Agung menekankan budaya Batak baik perkawinan, kematian dan menggali tulang belulang harus berdasarkan agama bukan parmalim, jadi bagaimana caranya merubah budaya berdasarkan agama, imbuhnya.

Acara seminar ini diselenggarakan selama 2 hari yaitu 1-2 Desember 2009. [tbn]

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: