Pemuda Labuhanbatu Diharapkan Jadi Pemuda Mandiri

iwan k/hm tambunan
bisnisnews.com – RANTAU PRAPAT

Pemuda di Kabupaten Labuhanbatu diharapkan menjadi pemuda yang mandiri, di mana para generasi penerubang bangsa dapat mengeksistensikan dirinya di segala bidang, sehingga dapat memberikan kontribusinya atas kemajuan L Batu secara keseluruhan.

Demikian harapan yang disampaikan para pemuda dalam ‘Dialog Pemuda’ yang diselenggarakan DPD KNPI Kabupaten Labuhanbatu, kemarin, di Gedung Nasional Rantauprapat.

Marasakti, salah seorang mahasiswa dari Universitas Labuhanbatu (ULB) menyampaikan, selama berdirinya wadah organisasi kepemudaan (OKP) di Labuhanbatu, sudah saatnya mengorientasikan wadah tersebut dalam agenda aksi nyata buat pemuda.

“Kebiasaan organisasi apa pun khususnya KNPI L Batu yang selama ini hanya berkutat dalam dialog dan dialog bukan hendak kita tinggalkan sama sekali. Sebab, dialog itu penting untuk pencerahan para pemuda. Tetapi setelah dialog harus ada aksi nyata yang bisa memacu untuk kemajuan pemuda,” bebernya.

Hal senada, juga disampaikan salah seorang mahasiswa lainnya, yang mengharapkan kerjasama para pemuda dengan unsur lain termasuk dengan pemerintah daerah (pemda) khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) L Batu harus dijaga kemitraannya secara terus menerus.

Namun, katanya, janganlah kemitraan itu berat sebelah, di mana posisi para pemuda hanyalah dalam posisi subordinat atau terus mengharapkan pemda memberikan dana untuk segala kegiatan para pemuda tetapi dilain pihak tidak dapat menyeimbangkan perannya dengan memberikan sumbangsih yang berarti buat pemda.

Sementara itu, Misrawi mengatakan, sudah saatnya DPD KNPI L Batu membuat agenda aksi untuk memberdayakan para pemuda daerah ini dengan berbagai keterampilan untuk menunjang masa depan pemuda itu sendiri di kemudian hari.

“DPD KNPI Labuhanbatu misalnya bisa memfasilitasi kursus komputer, les Bahasa Inggris dan sebagainya.

Keterampilan atau life skill ini sangat dibutuhkan para pemuda di tengah persaingan mencari lapangan pekerjaan yang kian keras,” ujarnya.

Menanggapi kritikan atau masukan tersebut, Ketua DPD KNPI Labuhanbatu H Kamal Ilham SKM menyampaikan, sejak awal dirinya menjabat Ketua DPD KNPI L Batu, telah berkomitmen untuk memberdayakan para pemuda daerah ini dengan berbagai kursus keterampilan seperti kursus komputer dan kursus las-mengelas.

Untuk tahap pertama, kursus komputer sedangkan dimatangkan rencananya dan tempatnya direncanakan di Komplek Sekretariat DPD KNPI Labuhanbatu
Jalan SM Raja Rantauprapat.

“Agenda tersebut, diharapkan didukung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga L Batu,” katanya seraya menambahkan, pihaknya juga sudah memprogramkan kursus las-mengelas untuk para pemuda.

“Kami harapkan kegiatan KNPI L Batu ini dapat berjalan lancar sesuai harapan kita bersama,” ucapnya.

Kamal Ilham menyampaikan, kegiatan dialog pemuda ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 81, di mana maksud dan tujuannya, agar menyadarkan akan eksistensi kita sebagai pemuda Indonesia dalam segala bentuk keragaman.

“Kita harus bisa mengatasi kepentingan pribadi, kelompok atau golongan dengan memupuk semangat nasionalisme diantara pemuda khususnya di L Batu.

Perlu diingat, Sumpah Pemuda yang diucapkan pada masa itu merupakan semangat nasionalisme yang memuat 4 prinsip, yaiyu kemandirian, kemerdekaan, kesetaraan dan identitas,” katanya.

Sesuai dengan tema acara ini ”Pemuda Mandiri, Indonesia Maju dan Bersatu”, untuk itu Ketua DPD KNPI L Batu menegaskan, perlu adanya kebersamaan dan persatuan diantara kalangan pemuda di L Batu, agar bisa membuat suatu gerakan atau gebrakan yang mampu memberikan arah bagi kehidupan demi membangun daerah L Batu tercinta ini. [tbn]

No comments yet

Tinggalkan komentar